Kamis, 02 Juni 2011

Kitab Injil : Masalah Sinoptik

Istilah Injil sinoptik ditujukan pada kitab Matius, Markus dan Lukas, istilah ini muncul pada akhir abad XVII.
Alasannya karena ketiga kitab tersebut memiliki kesamaan yang luas dalam struktur dan isinya, ketiganya memberikan pendekatan yang sama terhadap kehidupan dan pelayanan Yesus. Injil Yohanes tidak termasuk injil sinoptik karena berisi banyak hal yang berbeda dari ketiga Injil di atas.

INJIL
PERBEDAAN
PERSAMAAN
MATIUS
42%
58%
MARKUS
7%
93%
LUKAS
59%
41%
YOHANES
92%
8%





Kata “synoptik,” berasal dari bahasa Yunani: sun artinya “dengan” atau “bersama-sama” dan optanomai, artinya “melihat.”  Masalah sinoptis adalah bagaimana menjelaskan persamaan dan perbedaan serta bagaimana proses pembentukan bagian-bagian pada ketiga kitab tersebut. Masalah sinoptis antara lain:

» Adanya penyusunan bahan yang hampir sama pada ketiga kitab.
     - mis. Pasal tetang perumpamaan dalam Mat 18, Mrk 4, Luk 8
» Adanya perikop yang hampir sama kata demi kata dalam ketiga kitab.
     - Mat 21:23-27 = Mrk 11:27-33 = Luk 20:1-8 ; Yesus dielu-elukan di Yerusalem
     - Mat 24:4-8 = Mrk 13:5-8 = Luk 21:8-11 ; Kotbah akhir zaman
» Masing-masing injil mengandung bahan yang tidak ditemukan dalam kitab lain.
     - Mat 27:62-66 ; Kubur Yesus dijaga,
     - Mrk 4:26-29 ; Perumpamaan benih yang tumbuh
     - Luk 19: 1-10 ; Zakheus
» Bagian awal dan akhir Matius-Lukas lebih dalam dari Markus, tetapi keduanya berlainan.
     - Mat 1:16 ≠ Luk 3:23 ; Silsilah Yesus (Mat 1 vs Luk 3)
     - Mat 28:9,16 ≠ Luk 24 ; Penampakan Yesus setelah kebangkitan
» Ada perikop dalam Matius dan Lukas yang hampir sama, tetapi tidak ada pada Markus
     - Mat 6:25-34 = Luk 12:22-31 ; Kotbah di bukit – Hal kekuatiran
     - Mat 12:43-45 = Luk 11:24-26 ; Kembalinya Roh Jahat
» Ada perikop dalam Matius dan Markus yang hampir sama, tetapi tidak ada pada Lukas
     - Mrk 6:17-19 = Matius 14:3-12 ; Kematian Yohanes Pembaptis
     - Mrk 8:1-10 = Matius 25:32-39 ; Yesus memberi makan empat ribu orang
» Ada perikop dalam Markus dan Lukas yang hampir sama, tetapi tidak ada pada Matius
     - Mrk 1:21-28 = Luk 4:31-37 ; Yesus dalam Rumah ibadat
     - Mrk 9:38-41 = Luk 9:49-50 ; seorang yang bukan murid Yesus mengusir setan
     - Mrk 12:41-44 = Luk 21:1-4 ; persembahan seorang janda miskin

Sejak diakuinya masalah sinoptis sekitar abad XVIII, beberapa teori diusulkan baik dari kaum liberal maupun konservatif. Kaum liberal menekankan pada naturalisme dan humanisme, tidak ada penekanan pada bimbingan Roh Kudus pada penulis, sedangkan kaum konservatif percaya bahwa setiap penulis diinspirasikan oleh Roh Kudus dalam penulisannya.

Teori tersebut dapat dilihat pada kolom artikel terkait..


Willi Marxsen
editor: YTC

artikel terkait:



ringkasan:
- ada perikop yg dimiliki ketiga kitab
- ada perikop yg hanya dimiliki matius
- ada perikop yg hanya dimiliki matius
- ada perikop yg hanya dimiliki markus
- ada perikop yg hanya dimiliki lukas
- ada perikop dimiliki matius & markus, tetapi tidak dimiliki lukas
- ada perikop dimiliki matius & lukas, tetapi tidak dimiliki markus
- ada perikop dimiliki markus & lukas, tetapi tidak dimiliki matius
- markus tidak mencantumkan bagian awal dan akhir yang dimiliki matius dan lukas
- bagian awal dan akhir matius dan lukas bertentangan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar